Pentingnya Literasi

           Persoalan mengenai rendahnya literasi di negara kita ini bukan merupakan isu yang asing, sayangnya belum ada aksi yang dapat membawa perubahan yang signifikan. Menurut hasil survei Program for International Student Assessment (PISA) yang di rilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) pada 2019, Indonesia menduduki peringkat ke-62 dari 70 negara. Terdapat beberapa faktor yang mengakibatkan hal tersebut, salah satunya adalah kurangnya praktik literasi. Namun, hal tersebut dapat disingkirkan jika pelajar Indonesia bergerak untuk menyelesaikan hal tersebut. Budaya literasi sangat erat hubungannya dengan pelajar karena dalam perjalanan kita untuk memperkaya ilmu, kita dituntut untuk membaca buku atau bahan bacaan lainnya. Akan tetapi pada kenyataannya tidak berjalan sesuai yang diharapkan, sehingga masih banyak pelajar Indonesia yang kurang menggemari budaya literasi.

           Meningkatkan literasi merupakan hal yang harus segera dilakukan, namun sebelum itu, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu literasi. Istilah literasi sendiri dalam bahasa Latin disebut sebagai literatus, yang berarti orang yang belajar. Secara garis besar, literasi sendiri ialah istilah umum yang merujuk pada kemampuan dan keterampilan seseorang dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, juga memecahkan masalah di dalam kehidupan sehari-hari. Dengan kata lain, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan seseorang dalam berbahasa.

           Terdapat banyak manfaat dari memiliki tingkat literasi yang tinggi. Dengan kemampuan literasi baca-tulis yang memadai dan mumpuni, kita sebagai individu, masyarakat, dan bangsa tidak akan mudah terombang-ambing oleh berbagai informasi yang beraneka ragam yang datang secara bertubi-tubi kepada kita. Selain itu, dengan literasi kita dapat meningkatkan keterampilan verbal dan analisis, membantu meningkatkan daya fokus dan kemampuan konsentrasi kit, dan masih banyak manfaat-manfaat lainnya. Maka dari itu, marilah kita meningkatkan literasi untuk memajukan diri sendiri dan bangsa!

Nah, kalian ingin meningkatkan literasi kalian namun bingung bagaimana caranya? Berikut merupakan beberapa tips untuk meningkatkan literasi kita!

           1. Sempatkan membaca buku di waktu luang
            Setiap ada waktu luang, kamu bisa memanfaatkannya untuk membaca. Bukanlah masalah berapa lembar halaman yang kamu baca namun yang penting adalah menanamkan kebiasaan. Jika hal seperti ini kamu lakukan terus menerus maka lama-lama perlahan tapi pasti akan menjadi sebuah kebiasaan yang baik.

           2. Membuat target bacaan
            Upaya meningkatkan kemampuan literasi juga bisa dilakukan dengan membuat target buku apa saja yang harus kamu baca dalam waktu tertentu. Contohnya dalam sebulan kamu membeli 2 buku baru maka keduanya harus selesai dibaca pada bulan tersebut. Setelah itu bulan selanjutnya kamu akan membeli 2 buku baru lagi begitu seterusnya.

           3. Menerapkan effective reading
            Effective reading adalah cara orang untuk membaca buku dengan cepat dan bisa memahami informasi yang ada dalam buku yang dibaca secara utuh. Banyak orang yang membaca namun tidak dengan efektif. Agar bisa memiliki skill ini memang dibutuhkan kebiasaan dan latihan yang baik. Maka dari itu, teruslah meningkatkan kecepatan membaca dan kecepatan menyerap informasi. Dengan begitu, kemampuan effective reading bisa kamu miliki

           Sumber :
perpustakaan.kalbarprov.go.id
wikipedia.com
smadwiwarna.sch.id