E K S T R A K U R I K U L E R
R O H A N I   I S L A M
Ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis) adalah ekstrakurikuler yang berdiri pada tahun 1964. Setiap tahunnya, ekstrakurikuler Rohis menjalankan sejumlah program kerja dan kegiatan baik berupa kajian, bonding, peryaan hari besar Islam, dll.

DOKUMENTASIARTIKEL

P
R
O
K
E
R

8Mission
8 Mission atau 8 Islamic Skills Competiton adalah ajang perlombaan dengan 8 cabang lomba keterampilan agama Islam. Cabang lomba tersebut meliputi MHQ (Musabaqah Hifdzul Quran), Adzan, Da’i, Kreasi Hijab, Video Dakwah Kreatif, Poster, Cerdas Cermat Islam, dan Marawis.
Pemanis
Perayaan Maulid Nabi in Smandel adalah program kerja yang diadakan pada saat Maulid Nabi. Acara ini bertujuan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan mengaji, berdzikir, dan juga beberapa penampilan seperti Marawis dan Band Rohis.
Maviroh
Malam Penerimaan Aktivis Rohis yang biasa disingkat Maviroh adalah pemberian materi, pelaksanaan games, dan bonding bagi siswa kelas 10 khususnya yang akan diangkat menjadi aktivis Rohani Islam.
Free Takjil dan Itikaf
Setiap bulan suci Ramadhan, Rohani Islam SMAN 8 mengadakan sejumlah agenda. Diantaranya adalah pembagian takjil gratis untuk pengguna jalur lalu lintas yang sedang dalam perjalanan ketika sudah mendekati waktu buka puasa. Selain itu para anggota Rohis juga menjalani Itikaf yaitu berdiam di Masjid Darrul Irfan SMAN 8 Jakarta di salah satu hari dalam 10 hari terakhir Ramadhan.
Qurban in 8
Qurban in 8 adalah program kerja ketika Idul Adha dimana Ekstrakurikuler Rohani Islam melayani pembelian dan penyaluran daging qurban. Selain itu, para anggota Rohis juga mebantu pencacahan dan pengemasan daging tersebut.
Cairo
Cairo atau Camping Islami Rohis adalah salah satu persiapan akhir bagi aktivis Rohani Islam yang akan menjabat. Cairo dilaksanakan dengan berkemah atau tafakur alam sebagai salah satu wadah silaturahmi para peserta.

K E G I A T A N

Ceri
Ceri (Ceramah Keputrian) adalah kegiatan khusus akhwat yang dilaksanakan selama waktu sholat Jumat beberapa minggu sekali. Ceri dapat berupa pemberian materi oleh pengisi acara seperti alumni, maupun kegiatan lainnya seperti memasak bersama dan menyaksikan tayangan film islami.

Kijang
Kajian Jumat Siang (Kijang) adalah kajian dan pemberian materi tertentu untuk ikhwan setelah selesai dilaksanakannya sholat Jumat pada pekan-pekan tertentu.

Jingga
Jingga atau Kajian Mingguan adalah kajian yang dilaksanakan di masjid Darrul Irfan SMAN 8 Jakarta, sepulang sekolah atau setelah shalat Ashar. Pada kegiatan ini, kajian diisi oleh seorang ustad dan membahas mengenai keagamaan secara umum maupun topik khusus yang relevan di waktu tertentu seperti menjelang bulan Ramadhan.

Rohis Class
Kegiatan ini adalah wadah untuk melatih keterampilan keagamaan para anggota Rohis khususnya yang berada di kelas 10. Cabang-cabang yang diajarkan Rohis Class adalah yang umum menjadi cabang lomba di kompetisi eksternal sebab agenda ini juga bertujuan meningkatkan kesiapan peserta untuk lomba. Cabang-cabang yang ada yaitu Da’I, MHQ, MTQ, adzan, dan cerdas cermat Islam.